fbpx
Tips Perawatan Lantai Vinyl

Tips Perawatan Lantai Vinyl

 Industri interior terus mengalami perkembangan pesat dan melahirkan berbagai inovasi menarik. Salah satunya adalah lantai Vinyl sebagai terobosan lantai terbaru. Popularitas vinyl saat ini sangat tinggi karena alasan benefit yang ia janjikan begitu besar. Nilai estetika dari vinyl yang menawarkan tekstur seperti kayu, batu hingga keramik. Dengan variasi keindahan seperti itu harganya sangat terjangkau. Selain itu jenis lantai ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Sehingga cenderung mengefisienkan biaya pemeliharaan. Apalagi jika kita memahami tips perawatan lantai vinyl maka kita bisa merawatnya sendiri tanpa menggunakan jasa.

Alasan Lantai Vinyl Poluler

  • Nilai keindahan yang tinggi. 

Lantai ini memiliki tampilan menyerupai bahan alami yang sering kita pakai seperti kayu, batu dan keramik. Perkembangan teknologi yang semakin maju menemukan inovasi dalam pencetakan lantai yang bertekstur sempurna. Sehingga kita bsia merasakan nuasan lantai kayu atau batu dari rumah hanya dengan menggunakan vinyl saja. Jika kita bandingkan dengan menggunakan bahan asli tentu harganya mahal. Namu karena vinyl memiliki harga terjangau dengan kualitas yang sama maka ia sangat populer sebagai solusi low badget.

  • Tahan ari dan udara lembap. 

Lantai dari bahan kayu umumnya mudah lapuk karena air. Jika pun menggunakan kayu ulin atau jati yang awet, harga tidak mudah. Penebangan pohon kayu juga semakin negara batasi. Karena perubahan iklim dan pemanasan global, maka pelestarian lingkungan jadi prioritas. Dampaknya harga kayu berkualitas semakin naik. Nah kehadiran vinyl membantu kita untuk mendapatakn nuasan alami kayu tapi dengan budget yang rendah. Karena vinyl ini barang sintesis harganya jauh lebih terjangkau. Lapisan permukaannya telah mengandung wax yang kedap air. Sehingga masyarakat gemar menggunakannya untuk lapisan lantai di area dapur.

  • Pemasangan dan perawatannya muda. 

Mungkin kita sering melihat di sosial media orang suka merenovasi lantai rumahnya sendiri. Mereka hanya menggunakan peralatan minim seperti cutter untuk memotong bagian vinyl. Produk terbaru telah memiliki perekat sendiri, sehingga tida perlu lagi menggunakan lem atau perekat tamabahan. Sehingga kita jadi lebih mudah memasangnya. Tips perawantan lantai vinyl adalah pembersihan rutin. Tujuannya agar lantai tetap terjaga dan awet. Keunggulan dari vinyl adalah perawatannya ini cukup kita lakukan sendiri dir rumah. Karena sangat minim budget sehingga masyarakat sangat mengganderunginya. 

Tips Perawatan Lantai Vinyl

  • Pembersihan Harian menggunakan sapu halus. 

Jika lantai rumah kita menggunakan vinyl maka sebaiknya pembersihan hariannya menggunakan sapu halus. Permukaan lantai yang kedap air biasanya memiliki tekstur yang halus. Sehingga debu dan kotoran yang melekat mudah kita bersihkan dengan sapu halus. Penggunaan sapu kasar sebaiknya kita hindari. Karena bulu kasar dan keras berpotensi merusak permukaan vinyl seperti tergores.  Perawatan yang rutin dengan sapu halus akan membuat lantai tetap lembut dan berkilau.

  • Pembersihan basah 

ini akan menjadi tips perawatan lantai vinyl berikutnya. Sering kali kita menemukan kotoran yang bandel di lantai. Sehingga tidak cukup kita bersihkan dengan sapu halus yang kering saja. Cara empunya adalah menggunakan air hangat yang kita campur dengan pembersih khusus vinyl. Cairan ini akan membantu mengangkat noda membandel di lantai. Meskipun kedap air, dalam proses pembersihan basah sebaiknya menggunakan air secukupnya saja. Agar tidak merusak lantai.

Hindari Menggunakan Bahan Kimia Berbahaya

Lantai vinyl, meskipun tahan lama dan fleksibel, tetap memerlukan perhatian khusus dalam hal pembersihan. Tips perawatan lantai vinyl selanjutnya adalah menghindari bahan kimia yang merusak. 

  • Amonia.

 Sebagian besar pembersih lantai mengguankan senyawa amoniak sebagai bahan dasar pembersihnya. Sayangnya aminia dapat bereaksi terhadap struktur dari vinyl dengan memecah struktur kimianya. Dampaknya vinyl menjadi rapuh dan mudah pecah. Selain itu amonia juga mengakibat warna indah dari lantai jadi luntur. Lapisan wax yang berfungsi memberikan nuansa kilau juga menghilang. Dampaknya lantai jadi terlihat kusam dan pudar. Tentu kondisi ini akan membuat suasa ruangan menjadi tidak esterik lagi

  • Pemutih lantai. 

Bahan ini memang kuat mengankat noda. Sayangnya sifat pemutihnya itu tidak bersifat selektif. Dampaknya ia bsia memutuhkan semua bahan yang berwarna. Termasuk pewarna sintesis yang ada di dalam vinyl yang memberikan corak khas. Jika pemutuh bersentuhan dengan lantai maka ia akan mendegradasi warna menjadi tidak indah lagi

Nah setelah mengetahui tips perawatan lantai vinyl. Sekarang saatnya mulai hunting lantai terbaik untuk hunian kita. Meskipun menjanjikan banyak keunggulan dan manfaat, namun kita perlu berhati-hati dalam memilihnya. Karena tidak semua vinyl memiliki kualitas yang baik. Sebagai pelanggan yang cerdas sebaiknya kita memperhatikan pemilihan lantai di tempat yang trusted. Kita bisa menemukan itu hanya di Juragan Flooring. Di sini kita bisa dapatkan berbagai merek dengan kualitas terbaik. Informasi lebih lanjut dapatkan di https://juraganflooring.id/ atau hubungi +6281917133885

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *